Cara Menjaga Kesehatan Payudara Bagi Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Payudara Bagi Wanita

Cara menjaga kesehatan payudara sebaiknya diketahui oleh wanita dikarenakan payudara merupakan organ yang penting bagi wanita. Tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan saja namun payudara bisa menjadi bumerang bagi wanita itu sendiri jika tidak dijaga kesehatannya. Payudara merupakan organ vital bagi wanita, tanpa payudara organ wanita terasa tidak lengkap. Selama ini ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang payudara wanita dan yang paling mematikan adalah kanker payudara atau breast cancer. Setidaknya kanker payudara ini menjadi pembunuh nomor dua bagi wanita dimana peringkat pertama diduduki oleh kanker serviks. Banyak hal yang bisa menyebabkan kanker payudara ini, oleh sebab itu dengan menjaga kesehatan payudara, semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit ini.

Berikut ini adalah cara jitu untuk menjaga kesehatan payudara agar tetap sehat:

Menyusui

Nah cara menjaga kesehatan payudara yang pertama adalah menyusui. Tentu hal ini hanya berlaku bagi wanita yang memiliki bayi. Wanita yang menyusui bayinya bisa terhindar dari kanker payudara dibandingkan dengan wanta yang tidak menyusui anaknya. Banyak yang menganggap jika menyusui akan membuat keindahan payudara menjadi menurun dan tidak kencang kembali. Payudara yang tidak kencang dan menurun ini bukan disebabkan karena menyusui namun karena hormon yang berubah saat kehamilan. Kandungan kolagen kulit yang menurun saat hamil menjadi pemicu mengapa payudara wanita menjadi berubah. Jadi menyusui dengan keindahan payudara ini tidak ada hubungannya sama sekali. Pemberian ASI eksklusif pada bayi pun memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan pemberian sufor. Bayi yang mengkonsumsi ASI selama dua tahun lamanya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dan juga memiliki kekebalan tubuh yang tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula atau sufor.

Menggunakan Bra yang Sesuai

Untuk menjaga kesehatan payudara anda bisa menggunakan bra yang sesuai. Bra yang kekecilan membuat payudara menjadi tertekan dan seolah tidak bisa bernafas saat berada di dalam bra. Hal ini akan sangat membahayakan bagi sel-sel yang ada di dalam payudara sebab tertekan dengan bra yang digunakan. Jika sel-sel payudara terganggu akibatnya adalah akan muncul sel abnormal di dalam payudara dan berpotensi sebagai kanker.

Mengistirahatkan Payudara

Untuk menjaga kesehatan payudara yang lainnya adalah anda bisa mengistirahatkan payudara dari tekanan bra. Banyak wanita yang belum mengetahui bahaya menggunakan bra saat tidur  sehingga saat tidur wanita masih menggunakan bra saat tidur. Bahaya menggunakan bra saat tidur adalah membuat payudara tidak bisa bernafas saat tidur setelah seharian ditekan menggunakan bra. Saat tidur ini seharusnya menjadi saat yang tepat untuk melancarkan aliran darah ke payudara tanpa adanya tekanan berupa bra. Jika aliran darah menuju payudara lancar maka payudara pun akan semakin sehat berbeda halnya dengan payudara yang selalu ditekan saat pagi siang maupun malam hari.

Jaga Payudara dari Benturan

Tanpa sengaja ada ibu-ibu atau remaja perempuan yang membuat payudaranya terbentur entah itu di tepian meja, kursi dan benda keras lainnya. Hal itu sangatlah berbahaya bagi kesehatan payudara, selain bisa menyebabkan penggumpalan darah di payudara, benturan itu juga dipercaya bisa membuat tumbuhnya sel-sel abnormal yang ada di dalam payudara. Survivor breast cancer juga ada yang mengatakan jika payudara yang terbentur beresiko untuk menciptakan kekambuhan pada penyakitnya tersebut. Oleh sebab itu jaga payudara anda dari benturan ringan maupun benturan berat.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sebagai wanita kita sebaiknya selalu menjaga kesehatan payudara dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat. Sebaiknya menghindari penyedap rasa makanan yang dijual bebas di pasar Indonesia. Selain tinggi akan kandungan garam, penyedap rasa itu tidak bagus untuk kesehatan payudara wanita

Makanan yang sehat disini bisa dimulai dengan makanan yang mengandung serat tinggi, makanan yang mengandung vitamin B6, makanan yang megandung vitamin C paling tinggi  dan tentunya yang tidak boleh dilupakan adalah anda harus mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C .

Melakukan SADARI

SADARI adalah singkatan dari perik(sa) payuda(ra) sendi(ri) dimana wanita dituntut untuk mengerti kesehatan payudaranya sendiri dengan memeriksanya. Sadari ini bisa dengan mudah dilakukan wanita, tujuan dari sadari ini untuk mendeteksi apakah di dalam payudaranya terdapat tumor atau tidak.

Lebih dari 90 persen tumor yang ada di dalam payudara wanita bisa dideteksi dengan sadari ini sehingga wanita bisa mengetahui perubahan yang ada di dalam payudaranya. Sadari ini merupakan bagian yang penting dalam menjaga kesehatan payudara wanita. Cara melakukan sadari adalah sebagai berikut ini :

Angkat tangan kiri anda ke atas kepala.

Rabalah payudara anda menggunakan tangan kanan. Apakah ada benjolan atau tidak jika tidak berarti payudara anda aman.
Anda bisa melakukan cara tersebut pada payudara yang satunya.

Hindari Alkohol

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan payudara adalah dengan menghindari alkohol. Bahaya alkohol  untuk kesehatan jangan pernah diabaikan sebab menjadi penyebab penyakit yang serius. Di era globalisasi seperti sekarang ini tidak cowok maupun cewek suka mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan bisa menjadi bumerang bagi wanita itu sendiri. Alasannya adalah pengkonsumsian alkohol yang dilakukan oleh wanita bisa meningkatkan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh wanita, wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon rentan sekali untuk mengalami berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja adalah haid diantara masa menstruasi dan bisa menyebabkan kanker payudara.

Berat Badan Ideal
Obesitas merupakan biang keladi dari berbagai macam masalah kesehatan dan juga gangguan kesehatan. Bahaya obesitas ini tidak boleh disepelekan sebab bisa menimbulkan serangan jantung  bahkan menjadi pemicu stroke.

Obesitas pun menjadi pemicu munculnya kanker payudara dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan yang ideal. Penelitian menemukan fakta bahwa wanita yang naik sebanyak 22 kg sampai dengan 25 kg setelah umur 18 tahun memiliki resiko terkena kanker payudara. Nah bagi anda yang belum terkena obesitas anda memerlukan berbagai macam cara mencegah obesitas agar payudara anda tetap aman dan sehat.

Makan Rendah Lemak
Hal yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan payudara adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Hal ini tidak hanya berfungsi sebagai penjaga kesehatan payudara saja namun bisa digunakan sebagai pencegah serangan jantung dan juga stroke. Mengkonsumsi makanan rendah lemak berguna untuk menjaga kesehatan payudara dikarenakan berat badan anda akan terjaga dengan mengkonsumsi makanan itu. Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh sebab lemak jenuh itu  sebab bahaya lemak jenuh  untuk kesehatan payudara sangat banyak. Salah satunya adalah membuat penumpukan lemak di payudara. Jika lemak menumpuk di payudara akibatnya adalah aliran darah menuju ke payudara menjadi terhambat dan payudara kekurangan asupan darah dan juga oksigen.

Olahraga Secara Teratur
Cara lainnya untuk menjaga kesehatan payudara adalah olahraga secara teratur. Olahraga ini selain bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, membakar lemak yang ada di dalam tubuh olaharaga juga bisa digunakan untuk mengencangkan payudara. Agar paudara anda tetap sehat anda bisa melakukan olahraga khusus payudara.

ads

Olahraga khusus itu bisa digunakan sebagai pelancar aliran darah menuju ke payudara wanita. Bagi wanita yang ingin mengencangkan otot payudaranya bisa mencoba olahraga khusus untuk payudara. Olahraga yang bisa digunakan untuk menyehatkan payudara adalah senam payudara.

Hindari Menggunakan Cream Payudara
Sebagai wanita sebaiknya kita mensyukuri terhadap anugrah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, ada wanita yang kurang besyukur dan mereka menginginkan bentuk payudara yang lebih kencang dan lebih besar dengan cara instan. Mereka menggunakan cream pembesar payudara dan juga pengencang payudara. Pengaplikasiannya pun dioleskan ke payudara secara langsung. Hal ini sangat berbahaya untuk payudara sebab kandungan cream itu bisa masuk ke pori-pori dan mempengaruhi aliran darah yang ada di dalam payudara wanita. Yang menjadi berbahaya disini adalah jika cream yang digunakan itu merupakan cream yang berbahaya tentunya kandungan berbahaya yang ada di cream itu justru akan menimbulkan sel-sel abnormal yang ada di dalam tubuh wanita. Jika memang wanita ingin membesarkan payudara dan juga mengencangkan payudara jangan menggunakan cara yang instan, bersusah payahlah terlebih dahulu. Caranya adalah dengan olahraga secara teratur agar mendapatkan payudara seperti yang diinginkan.

Jangan Meremas Payudara
Hal ini sering terjadi pada ibu-ibu yang menyusui, ada yang mengatakan agar asinya kental payudara sebelum disusukan harus diremas-remas terlebih dahulu. Hal itu justru akan merusak dan membuat cidera sel-sel yang ada di dalam payudara wanita. Remasan yang kasar justru akan membuat sel dan syaraf payudara menjadi cidera. Hal itu berlaku juga bagi wanita yang sedang menyusui, jangan pernah meremas payudaranya sebelum menyusui bayinya. Sebab meremas payudara samasekali tidak mempengaruhi encer atau kentalnya ASI. Hal tersebut justru akan menyakiti payudara anda jika payudara anda sedang penuh dengan ASI.

Gunakan Cermin
Untuk mengetahui kesehatan payudara anda, anda bisa menggunakan cermin untuk mengecek kondisi payudara anda. Jika anda menemukan kejanggalan pada payudara anda segeralah hubungi dokter untuk mengetahuiapa yang terjadi. Kondisi yang harus dicurigai adalah jika payudara muncul jaringan parut yang menyerupai dengan kulit jeruk, keluar cairan di puting dan payudara anda terasa nyeri atau sakit pada bagian yang sama.

Cari Tahu Riwayat Keluarga
Untuk menjaga kesehatan payudara anda bisa mencari tahu riwayat di dalam keluarga anda. Jika di dalam keluarga anda ada yang menderita penyakit kanker payudara anda bisa menjaga kesehatan payudara anda ekstra agar anda tidak mengalami masalah kesehatan dengan payudara anda.

Mengkonsumsi Buah Kaya Akan Antioksidan
Menjaga kesehatan payudara dari dalam bisa dengan mengkonsumi buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Buah yang kaya akan antioksidan adalah buah sirsak, apel hijau dan manggis. Bagi anda yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara bisa mengkonsumsi rebusan kulit manggis kering dan juga rebusan daun sirsak untuk selalu menjaga kesehatan payudara anda.

Menggunakan Bra yang Bersih dan Kering
Untuk menjaga kesehatan payudara anda diwajibkan untuk menggunakan bra yang besih dan kering. Bra yang kotor justru akan membuat payudara anda tertempeli dengan kuman dan bakteri dimana kuman dan bakteri itu bisa membuat payudara menjadi terkena bisul dan juga jerawat yang menyakitkan. Jika anda menggunakan bra yang lembab, payudara akan menjadi tempat perkembangbiakan jamur dan bakteri sehingga payudara akan rentan terkena penyakit kulit seperti panu. Anda juga harus rajin mengganti bra yang anda gunakan.

Konsultasi
Untuk bisa mengecek kondisi payudara anda, anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan bagaimana cara tepat untuk menjaga kesehatan payudara anda. Jikalau anda merasakan hal yang tidak nyaman dengan payudara anda, anda bisa berkonsultasi kepada dokter agar keluhan yang anda alami segera mendapatkan penanganan dengan segera.

Itulah cara menjaga kesehatan payudara yang penting diketahui oleh semua wanita. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Oleh sebab itu jagalah kesehatan payudara yang anda miliki sebab jika bukan anda sendiri yang menjaganya siapa lagi yang bisa menjaga kesehatan payudara anda. Hindari cuek dan masabodoh, sebab hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Bahaya orang yang tidak disunat untuk anak-anak dan orang dewasa

Cara Merawat Bunga Kamboja Dan Cara PerawatanNya

Manfaat Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Tradisional