Sayuran Berbahaya untuk Hindari Darah Tinggi

Sayuran tidak selalu baik untuk kesehatan karena ada juga sayuran berbahaya untuk darah tinggi. Artinya ada beberapa jenis sayuran yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Agar Anda bisa lolos dari kondisi darah tinggi yang buruk, karena komplikasinya, sayuran di bawah ini harus dihindari atau dibatasi.

1. Kalengan tomat

Vegetable tomat sebenarnya adalah sejenis sayuran dengan kandungan gizi tinggi. Tomat juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E. Tomat dapat dikonsumsi sebagai sayuran segar pada umumnya, tapi tentu saja ini bagus untuk dikonsumsi asalkan bukan tentang tomat kalengan. Perlu diingat bahwa kandungan garam dalam saus tomat dan jus tomat kaleng mengandung kadar garam yang tinggi.

Kita semua perlu tahu bahwa ada sekitar 680 mg sodium dalam jus tomat per cangkir, sementara ada 1.300 mg sodium yang tersedia dalam porsi daging spaghetti dengan saus tomat. Karena kandungan garamnya yang tinggi, penderita tekanan darah tinggi harus lebih waspada dan selektif. Seperti produk kalengan lain, tentunya proses bumbu lebih dari biasanya sehingga tidak akan baik untuk tubuh.

baca juga: klinik dokter sunat pekanbaru
2. acar

Pickles adalah sayuran yang juga sering kita konsumsi sebagai sayuran segar, namun ternyata acar itu berbahaya bagi orang dengan darah tinggi. Kesenangan makan crunch acar karena cocok dengan snack berkalori rendah. Pickles biasanya makan bersama dengan sandwich dan nasi goreng, atau menu lainnya. Tapi kita juga perlu tahu dan menerima kenyataan bahwa acar penuh dengan sodium atau garam.

Meski rasanya enak, kandungan 2355 mg sodium di acar berukuran sedang dengan panjang sekitar 3,75 inci. Itu berarti asupan yang masuk ke tubuh kita jauh lebih banyak daripada batas yang dianjurkan. Untuk batas normal yang harus kita konsumsi adalah 2.300 mg sodium per hari.

Karena itu, sayuran acar harus dibiarkan dulu sampai darah tinggi kembali normal dan stabil. Tentu Anda tidak akan memilih untuk melukai diri sendiri dengan mengonsumsi acar yang terbuat dari campuran garam, gula dan cuka.

3. Sayuran dimasak dengan soto

Pada dasarnya semua sayuran adalah vitamin dan juga tinggi bermineral, namun prosesnya terkadang malah mampu menyebabkan kita menderita penyakit tertentu. Agar hipertensi tidak bertambah parah, hindari memasak sayuran dengan santan. Tanaman bersantan seperti sayur lodeh memicu darah tinggi lebih selangit, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering.

4. Sayuran Salad

Bagi yang sangat menyukai menu sayuran asin, mulai sekarang perhatikan konsumsi menu ini. Jangan pernah kembali menjadi ceroboh saat makan sayuran asin. Sayuran yang diasinkan ini pasti tidak baik bagi mereka yang memiliki darah tinggi.

Memilih jenis sayuran lain untuk memasak dan mengolahnya mendidih tanpa garam atau setidaknya memasukkan sedikit garam akan lebih baik. Ingat bahwa asupan sodium harus dibatasi segera setelah kita berada pada tingkat prehipertensi. Asupan yang benar dan perlu dijaga adalah 1500 mg per hari.

5. Sayuran Kalengan lainnya

Selain tomat kalengan, jenis sayuran apa pun yang termasuk dalam barang kaleng tidak boleh dibeli. Makanan kaleng sangat sederhana dan instan untuk diproses, tapi ini tidak berarti makanan itu sehat. Tepatnya sayuran yang telah melalui proses pengemasannya adalah mereka memiliki kadar sodium yang tinggi.

Jika Anda masih tertarik untuk membelinya, cobalah mencari sayuran kaleng yang mengandung kandungan sodium. Sebelum membeli, perhatikan baik-baik makanan kaleng berupa sodium atau sodium yang tinggi. Jika masih aman, dari waktu ke waktu ambillah tidak akan menaikkan darah terlalu tinggi secara drastis.

Karena air asin adalah pengawet sayuran yang paling umum digunakan, sejumlah tip di bawah dapat membantu:

Sayuran kalengan perlu dibilas terlebih dahulu sampai mereka sudah sehat sebelum kita bisa mengolahnya lagi atau langsung memakannya. Tujuan mencuci ini adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan tambahan garam.
Atau, kita bisa merebus langsung atau merebus sayuran selama sekitar 10 menit. Ini juga cara efektif yang bisa digunakan saat kita ingin menghilangkan kadar natrium sebelum meminumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Bahaya orang yang tidak disunat untuk anak-anak dan orang dewasa

Cara Merawat Bunga Kamboja Dan Cara PerawatanNya

Manfaat Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Tradisional